Bewara JabarHeadline

Kelurahan Talun Terima Bantuan Sanimas dari Islamic Development Bank Turki

SUMEDANG UTARA, (FORKOWAS).- Kelurahan Talun Kecamatan Sumedang Utara mendapatkan bantuan Sanimas, Islamic Development Bank (Is-DB) Turki.

Sanimas atau Sanitasi Berbasis Masyarakat adalah program untuk menyediakan prasarana air limbah bagi masyarakat di daerah kumuh padat perkotaan, dan membebaskan warga dari Open Defecation Free (ODF)

“Kebetulan Kelurahan Talun Rt 04 RW 03 Kecamatan Sumedang Utara, adalah satu tempat yang terpilih lokasinya untuk Sanimas,” ungkap Endang Rohman, Lurah Talun.

Dan untuk pembangunannya sudah rampung pada Bulan Desember 2019, akan tetapi masih belum bisa di pakai karena airnya masih berbau tidak sedap.

“Bahkan, barusan ada tim evaluasi dari pusat, untuk mengecek kadar Airnya, dan ternyata bisa di gunakan setwlah 3 Bulan,” tandasnya.

Dikarenakan, apabila sudah mencapai tiga bulan baru bisa di pergunakan, bakterinya pasti sudah ada di IPAL.

“Dulu, memang kelurahan kami ada satu RW yang belum terbebas dari ODF, dan kami targetkan Tahun ini wilayah kami terbebas dari ODF,” tandasya.

Akan tetapi berdasarkan data dari Dinkes, 150 KK yang ada di Kelurahan Talun masih belum terbebas, dan dengan masuknya Program Sanimas ini di pastikan wilyah kami Tahun ini terbebas dari ODF. (IR)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close