HeadlineUmum

Seleksi Balon Kades, Digelar di STIA Sebelas April

FORKOWAS – Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Sebelas April Sumedang (SAS) ditunjuk oleh Pemkab Sumedang atau Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) untuk menjadi tim seleksi Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) yang melebihi kuota Calon Kades.

Dadan Setia Nugraha, Ketua Panitia seleksi Pilkdes mengatakan dari 88 Desa yang menyelenggarakan Pilkades ada 17 Desa yang akan mengikuti seleksi Balon, dengan jumlah keseluran 120 orang.

“Dari jumlah tersebut akan dibagi lima tim, satu tim dibagi menjadi 4 sampai 3 Desa,” ucapnya.

Dadan menambahkan, adapun jumlah penyeleksi sebanyak 3 sampai 4 orang, yang membawahi 23 dan 25 orang Balon.

Sementara untuk materinya sesuai yang tertuang dalam Perbub tahun 2015 No. 57.

“Materinya tentang penguasaan komunikasi, pengalaman dalam pemerintahan dan penjabaran visi misi serta tufoksi kepala desa, potensi Desa, dan pemahaman kepemimpinan, itu untuk tes wawancara,” ucapnya.

Selanjutnya untuk ujian tertulis dan kisi-kisinya ada dalam Pergub yakni, bidang pengetahuan umum dan bidang pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan kemasyarakatan agama dan budaya.

“Kami selaku tim seleksi tidak menggugurkan, kami hanya merengking dan untuk menetapkan dan menggugurkan adalah panitia Desa, kami hanyamemberikan bahan sebagi rekomondasi,” ucapnya. (Syarif)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close