HeadlineUmum

Disdukcapil Buka Layanan Dasar di Berbagai Lokasi di Sumedang

SUMEDANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang, akan mempertimbangkan kembali terkait pelayanan KTP dan KK.

Sementara menurut, Kabid Informasi dan Pelayanan Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencataran Sipil Kabupaten Sumedang A. Beni Triyadie mengatakn, untuk pelayanan KTP dan KK yakni masih di kantor lama dengan pertimbangan MPP terlalu padat pelayanan yang lainya.

“Sementara kita ada keterbatasan ruangan, alat dan personil, jadi sementara legalisir dan dokumen kependudukan kita layani disini plus pelayanan konsolidasi data kependudukan,” ucapnya.

Baik dari masyarakat yang datanya belum online, maupun ada permasalahan di dalam data tersebut, dan kita sudah menyebarkan surat resmi ke kecamatan kecamatan.

“Dengan harapan kecamatan dapat lebih luas menyampaikan informasi, kepada kepala desa dan disampaikan kepada masyarakat untuk perubahan pelayanan ini,” ujarnya

Sebenarnya, kita sudah memasang pengumuman di Mpp bahwa kita di alihkan ke sini, itu sudah di mulai sejak bulan november pada saat pelaksanaan pendaftaran online CPNS.

“Dan sebenarnya tidak hanya terkaper dalam satu pintu akan tetapi bupati berkeinginan bahwa pelayan publik bisa terkaper di satu titik, sementara untuk adminiatrasi kependudukan tidak terpusat d MPP,” tuturnya.

Bahwasannya, di kecamatan masih melayani adminduk tapi terbatas hanya menerima pendaftaran dan proses perekaman KTP, dan yang lainya di arahkan ke MPP.

Idealnya pelayanan Disdukcapil jangan sampai di hilangkan, karena sebagai jatidirinya Disdukcapil.

“Selanjutnya, dan kita kedepanaya punya rencana untuk membuka outlate-outlate lainya, di antaranya pasar sandang sumedang, karena ketika kita membuka Sistem mobil pelayanan (simoyan) di pasar sandang antusias masyarakat sangat banyak,” katanya.

Masih kata Beni, untuk Jatinangor kami juga akan membuka outlet dalam waktu dekat sesuai dengan program kami.

“Jadi nanti untuk pembuatan KTP dan KK akan kami sediakan di Kecamatan Jatinangor namun lokasinya belum kami tentukan,” pungkasnya. (Iwan R)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close