HeadlinePoleksosbud

Polsek Ibun Laksanakan Binluh Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

FORKOWAS.COM – Pelajar di kalangan SD, SMP, SMA, SMK dan Perguruan Tinggi di wilayah hukum Polsek Ibun Polres Kota Bandung menjadi sasaran pembinaan dan penyuluhan (binluh) terkait bahaya penyalahgunaan narkoba (narkotika dan obat-obat berbahaya), Sabtu (25/1/2020).

“Ini (binluh) sangat penting kita lakukan. Kenapa? Mereka (para pelajar) merupakan generasi penerus bangsa dan negara. Mereka merupakan calon-calon pemimpin yang harus dibekali pendidikan dan edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba,” kata Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan, S.I.K., melalui Kapolsek Ibun Iptu Carsono kepada wartawan di Mapolsek Ibun Jalan Omma Anggawisastra Kecamatan Ibun, Sabtu pagi.

Carsono mengatakan, pada Jumat (24/1/2020), ia bersama jajaran kepolisian lainnya dan kepala sekolah serta guru-guru hadir di tengah-tengah sekitar 300 siswa/siswi SMPN 1 Ibun.

“Di hadapan ratusan siswa itu, kita menyampaikan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Para siswa pun terlihat antusias dan serius mengikuti binluh tersebut. Pelaksanaan binluh ini pun selain di lapangan terbuka, juga di ruang cukup luas supaya bisa diikuti semua siswa yang hadir,” katanya.

Carsono mengatakan, di wilayah hukum Polsek Ibun tercatat ada 3 SMPN, belum lagi SMP swasta dan puluhan SDN. Ditambah SMA/SMK, yang menjadi perhatian polisi dalam melakukan binluh bahaya penyalahgunaan narkoba. Meski dalam pelaksanaannya secara bertahap.

“Dalam penyuluhan tersebut, kita melibatkan para Bhabinkamtibmas di masing-masing desa. Selain itu Unit Binmas Polsek Ibun,” kata Carsono.

Lebih lanjut Carsono mengatakan, pelaksanaan binluh ini dinilai sangat efektif untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada para siswa sedini mungkin. “Mengingat penyebaran narkoba, bisa terjadi di mana saja dan kapan saja,” katanya.

Untuk itu, imbuh Carsono, jajaran Polsek Ibun dikerahkan untuk menyambangi setiap lembaga pendidikan atau sekolah di Kecamatan Ibun.

“Binluh ini merupakan pencegahan dini terhadap kalangan muda dan generasi penerus bangsa terkait bahaya penyalahgunaan narkoba,” pungkasnya.

Carsono pun mengimbau kepada para orang tua, khususnya yang memiliki anak-anak sekolah, untuk memerhatikan anak-anak kesayangannya.

“Jangan sampai mereka salah bergaul. Pendidikan di rumah tangga itu sangat penting dan lebih utama, selain di sekolah,” katanya.

Ia pun mengingatkan kepada para pelajar untuk bijak memanfaatkan media sosial (medsos).

“Jangan sampai salah dalam memanfaatkan medsos karena akan berkaitan dengan pelanggaran hukum,” katanya.

Tak hanya itu, Carsono pun mengingatkan kepada para pelajar untuk tertib berlalulintas. “Demi menjaga keamanan dan keselamatan kita dalam berkendara,” katanya. (F-15)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close