Bewara JabarHeadline

Gobsi Gabung Gerakan Pekerja Nasional, Gelar Aksi ke DPR RI

SUMEDANG, (FORKOWAS).- Serikat Pekerja Pekerja DPC Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (GOBSI) Kabupaten Sumedang yang tergabung dalam Gerakan Pekerja Nasional, Kamis 30 Januari 2020 melakukan aksi ke DPR RI.

Terpantau, Pukul 06.00 WIB, rombongna berangkat menggunakan 4 unit bus dengan jumlah peserta sekitar 420 orang menuju Jakarta.

Kordinator Buruh GOBSI Sumedang, Sambas mengatakan, pemberangkatan itu sebagai wujud nyata dalam memperjuangkan hak hak kaum buruh yang semakin tertindas.

Dengan rencanala, revisi Undang Undang 13 Tahun 2003, tentang ketenaga kerjaan dimana banyak poin yang sangat merugikan bagi buruh.

“Sebelumnya, kami juga ikut bersama Ali menyampaikan aspirasi ke DPRD Sumedang, dan hasilnya belum memuaskan,” ucapnya.

Ia khawatir, apabila tidak dikawal terus sampai pusat RUU akan di sahkan.

Bahkan menurut Ketua DPC GOBSI Kabupaten Sumedang Asep Budiman, berdasarkan materi Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja yang biasa kami singkat “RUU CILAKA” tertanggal 17 Januari 2020.

Yakni akan merubah beberapa Pasal yang ada dalam UU 13 Tahun 2003, diantaranya mengubah tentang upah minimum, pesangon dikurangi, PHK menjadi mudah, jam kerja menjadi pleksible kontradiktif terhadap sistem kerja 40 Jam, dan dihilangkan tentang hukum pidana bagi pengusaha yang nakal.

“Alih alih ingin memperluas lapangan kerja, tapi Hak Hak para pekerjanya banyak yang di langgar.
Maka kami selaku Serikat pekerja akan terus berjuang untuk membatalkan RUU tersebut jangan sampai di revisi, dan apabila pemerintah tanpa hati nurani untuk menerapkannya, maka hanya satu kata, lawan,” ujarnya. (Syarif)***”

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close