HeadlinePoleksosbud

Yayasan Baitul Maal PLN, Luncurkan Desa Cahaya Cilembu

FORKOWAS.COM – Yayasan Baitul Maal (YBM) Perusahaan listrik Negara (PLN) dan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Al – Azhar merealisasikan program pemberdayaan masyarakat.

Sehingga, Kick off (Memulai) Desa Cahaya ditandai gunting pita dalam peresmian Saung Cahaya di Dusun Lebak Jawa Rt 02 Rw 02 Desa Cilembu.

Kegiatan tersebut dilakukan perwakilan dari YBM PLN, Laznas Al Azhar yang juga aparatur Desa Cilembu.

Cara tersebut, mengambil tema ‘Desa Cahaya di Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan’.

Arti dari Desa Cahaya yaitu cakap, agamis, sehat, dan berdaya. Tujuannya, mewujudkan masyarakat secara komprehenshif, terukur, dan berkelanjutan berbasis potensi lokal, berwawasan luas melalui teknologi informasi audio dan visual.

Disampaikan, Kepala Unit Tranmisi Jawa bagian tengah, Deden Kamis 30 Januari 2020.

“Selain sebagai penerangan dari setiap tempat atau bangunan, PLN juga ingin menjadi penerang bagi masyarakat melalui agamanya, ekonomi juga wawasannya,” kata Deden.

Dikatakan, seperti halnya saung cahaya ini, sebagai pusat interaksi dan edukasi masyarakat di Cilembu serta dapat lebih menggali ilmu baik dari segi ilmu bisnis, bercocok tanam dan berternak.

Sementara, menurut Damar perwakilan dari pimpinan Al Azhar menyebutkan itu bertujuan untuk memandirikan masyarakat dan membantu progam pemerintah.

Program ini, salah satunya di Desa Cilembu dari 105 desa terpilih yang ditentukan Laznas Al Azhar.

“Kita mulai dari tingkat bawah seperti Rt, Rw atau Dusun. Di Dusun Lebak Jawa ini jadi lingkup terkendali, hingga nantinya bisa meluas dan menjadi lingkup terpengaruh untuk ke dusun-dusun yang lainnya di Desa Cilembu ini” ucapnya.

Damar berharap kepada penerima manfaat agar menjadi mujaki yang memberikan zakat atau jangan pernah ingin menjadi penerima zakat.

Dengan adanya program ini diharapkan bisa memandirikan masyarakat dan juga lebih berdaya.

Kades Cilembu melalui Sekdes Nurdiana mengapresiasi program desa cahaya itu.

Semoga lebih jelas arahnya dan memberikan perubahan yang positif bagi masyarakat.

“Saya berharap program pemberdayaan masyarakat ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat serta berujung mandiri” tegasnya.

Acara pun berlanjut dengan meninjau area pesawahan dan ternak. (Egy)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close