Bewara JabarHeadline

Drainase Dibangun Asal-asalan, Sebabkan Banjir Lumpur

FORKOWAS – Pasca terjadinya banjir lumpur di wilayah Kecamatan Cimanggung pada Minggu (10/2/2020), sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Sumedang Komisi II dan IV melakukan pengecekan ke perumahan di Kaki Gunung Geulis.

Terpantau, hadir Ketua Komisi II Warson Mawardi, Kasi Penegak Pengawasan dan Penyuluhan Asep Sulaeman Firdaus, Irfan Setiawan Suyud Kasi Trantib Cimanggung.

Sementara, Ketua Komisi IV DPRD Sumedang, Asep Ronny Hidayat mnegtaakan pihaknya bersama Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Satpol PP Kabupaten Sumedang dan Kecamatan Cimanggung meninjau lokasi.

“Kami melakukan pengecekan, ke dua lokasi Pembangunan Perumahan Saung Geulis Desa Cihanjuang serta galian yang ada di Desa Cikahuripan Kecamatan Cimanggung,” tuturnya.

Setelah berbicara dengan pengembang dan cek ke loksi, secara kasat mata memang terlihat sangat semrawut.

Dikatakan Asep Roni, ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya banjir di wilayah tersebut karena curah hujan yang tinggi diperparah dengan saluran air yang dinilai kurang besar.

Sementara menurut, Ketua Komisi II DPRD Sumedang, Warson Mawardi, mengatakan setelah dicek ke lapangan memang sangat memprihatinkan.

Ia akan mengecek fasum dan fasos perusahaan yang mengelonya.

“Kami minta kepada pengembang proyek perumahan di kawasan Gunung Geulis untuk segera membenahi fasum juga fasosnya,” tandas Warson.

Sementara menurut Ketua Rw 09, Desa Cihanjuang Wawan mengatakan sebelumnya sudah konfirmasi kepada pihak perusahaan untuk secepatnya membuat saluran air yang baik dan benar.

“Ngeri, pembuatan selokan berjesan asal asal, kalau debit air hujan tinggi, maka tidak bisa di pungkiri lagi jika warga yang di bawah Perum SBG semuanya akan kebanjiran,” pungkasnya. (Syarif)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close