HeadlinePSBB Covid-19

Gugus Tugas Relawan Covid-19 Desa Jatihurip, Aktif Lakukan Pencegahan

FORKOWAS.com – Pemerintahan Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara bersinergi bersama BPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan seluruh elemen masyarakat, serta pendamping Puskesmas Situ, dalam rangka pencegahan penyebaran corona virus.

“Alhamdulillah, atas sinergitas kita bersama sudah terbentuk gugus tugas relawan Covid-19. Selain tempat pengaduan terhadap kesehatan warga, juga memonitor keluar masuknya yang datang dari luar daerah,” kata Ketua BPD sekaligus Wakil Ketua Gugus Tugas Desa Jatihurip, Faisal Selasa (21/4/2020).

Sesuai dengan fungsi dan tugas pokok, kata dia, diawali dengan berbagi masker dan alat penyemprotan disinfektan untuk warga melalui perwakilan dari RT/ RW yang ada di wilayah Jatihurip.

Gugus Tugas Covid-19 Desa Jatihurip dinilai selalu aktif dalam memberikan laporan data.

“Tercatat 237 ODR dan 3 ODP dan beberapa warga telah melewati masa isolasi karantina mandiri,” ujarnya.

Faisal berharap itu dapat dijadikan pembelajaran untuk kita semua, dengan mulai berbenah diri dan banyak bertaubat kepada Alloh SWT.

Hal senada, di ungkapkan Kades Jatihurip Deden Wahidin, mengapresiasi kinerja gugus tugasnya yang telah bekerja tanpa pamrih.

“Ayo kita bersatu melawan wabah Coronavirus dengan berupaya memutus mata rantainya,” kata dia.

Menurutnya, penanganan dampak Covid-19 kali ini diambil 30% dari 900juta sumber Dana Desa, yaitu sekitar 270juta, yang akan dicanangkan untuk BLT Desa Jatihurip.

“Sampai saat ini, kami pun tengah melakukan validasi data dengan menitik beratkan pada beban dampak wabah Covid-19, terkait pengaman ekonomi masyarakat Bantuan Gubernur, dari ajuan 1600 KK terseleksi 1003 KK, yang mendapatkan bantuan,” jelasnya.

Ia berpesan, kepada seluruh warganya untuk melengkapi data kependudukan yang lama, agar diperbaharui.

“Jangan sampai waktu dibutuhkan seperti sekarang ini, baru bikin validasi ke kantor Desa,” pungkas Kades Jatihurip. (Gani)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close