HeadlinePSBB Covid-19

PSBB Hari ke-5, Warga Cikahuripan Terapkan Karantina Kewilayahan

FORKOWAS.com – Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hari kelima, warga Dusun Cibogo RW 05 Desa Cikahuripan Kecamatan Cimanggung menerapkan lockdown bagi warga luar.

Ketua Karang Taruna RW 05, Asep Yusuf mengatakan upaya itu dalam melaksanakan program dan anjuran pemerintah terkait PSBB, warga Cibogo tidak hanya membatasi kerumunan, tetapi mengunci/karantina kewilayahan (lockdown) warga luar yang akan masuk ke Cibogo.

“Di pintu masuk dusun, kami pasang portal dan menanyakan jika ada warga (tamu) dari zona merah maka kami tidak izinkan masuk. Kemudian, jika ada tamu yang berboncengan, maka penumpangnya disuruh turun dulu,” katanya.

Hal itu menurut Asep untuk menjaga agar Dusun Cibogo steril dari Covid-19. Termasuk melaksanakan anjuran pemerintah untuk tidak keluar rumah.

“Warga sini pun jadi segan untuk keluar rumah, karena jalannya diportal. Meskipun kami berikan kebebasan bagi warga lokal mah,” katanya.

Tak hanya di Dusun Cibogo, penerapan PSBB yang ketat juga dilakukan di Dusun Sadang Desa Raharja Kecamatan Tanjungsari. Warga dan karang taruna menyemprot setiap warga pendatang atau warga yang pulang dari bekerja dengan disinfektan.

“Kami semprot setiap warga yang memasuki wilayah kami. Sebetulnya penyemprotan disinfektan ini sudah dilakukan sebelum pemerintah menerapkan PSBB,” kata Hendi warga sekitar.

Tak hanya menyemprot, karang taruna pun memberikan himbauan melalui pengeras suara agar wajib memakai masker dan menjaga jarak saat dikendaraan. (IMN)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close