HeadlineUmum

Kampung KB, Selaras dengan Program Inovasi Desa

FORKOWAS.com – UPTD Dalduk Keluarga Berencana Kecamatan Jatinangor dan Sukasari bekerjasama dengan Unpad membangun Kampung KB di Wilayah Rw 08 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Keberadaan Kampung KB guna melakukan kegiatan yang inovatif sesuai dengan PID (Program Inovasi Desa).

Sementara penataan Lingkungan Kampung KB dilaksanakan oleh Karang Taruna Padjajaran RW 08 yang dipimpin langsung Sandi.

Terpantau, dinding bangunan sepanjang jalan di RW 08 dingambar dengan tema Keluarga Berencana.

Sementara menurut Kepala Dalduk UPTD KB Kecamatan Jatinangor dan Sukasari Hj. ningning Kustiningsih, S.Sos mengatakan, Kampung KB yang ada di Kec Jatinangor terdiri dari Kampung KB Dusun II Desa Hegarmanah yang dibentuk pada 2017.

Kampung KB Desa Mekargalih dibentuk pada 2018 dan Kampung KB Dusun Lebakjati Desa Cileles dibentuk 2018.

“Namun, Kampung KB Dusun Pasirluhur Desa Cipacing kita bekerjasama dengan Unpad, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas keluarga di masyarakat,” ucapnya.

Melalui program Bangga Kencana yang terintegrasi dengan program pembangunan sektor lainnya baik pisik dan non fisik.

Dikatakanya, Kampung KB terdapat kegiatan peningkatan Ketahanan Keluarga yakni Kelompok TriBina (BKB, BKR, BKL), Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (Kelompok UPPKS).

“Sehingga pembinaan remaja dalam wadah PIK-R ( Pusat Informasi dan Konseling Remaja) bertujuan untuk melihat sejauh mana pemahaman ttg Kesehatan Reproduksi Remaja ( KRR ) , TRIAD KRR (Seksualitas,HIV/AIDS, NAPZA) dan Life skill,” ungkapnya.

Dimana nantinya remaja mengerti dan memahami juga bertanggung jawab terhadap dirinya dan lingkungan serta melakukan hal hal yang positif

“Kampung KB terdapat kepengurusan yg terdiri dari pengurus inti serta 8 seksi yang menjabarkan 8 fungsi keluarga. Yakni, fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi, fungsi pendidikan, fungsi rkonomi dan fungsi pelestarian lingkungan,” tandasnya.

Pihaknya punya harapan yakni adanya Kampung KB bisa mengentaskan kemiskinan di lingkungan Kampung KB.

Juga, dapat membantu penurunan TFR dengan peningkatan peserta KB MKJP serta kemandirian keluarga.

“PIK-Remaja di Desa Cipacing berkegiatan membuat MURAL di lingkungan Kampung KB dan membuat hidroponik sayuran,” katanya.

Selanjutnya, salah satu remajanya saat ini sedang mengikuti Lomba Duta Genre tingkat Provinsi Jabar melalui On Line wakil dari Kab Sumedang. (Ceng)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close