HeadlineUmum

Desa Cilembu, Lembur Tohaga Lodaya

FORKOWAS.com – Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang, dinobatkan sebagai Lembur Tohaga Lodaya.

Pasalnya desa tersebut dinilai terjamin dalam ketahanan swasembada pangan terutama ditengah Covid-19.

Bertempat di Dusun Sawah Lega Desa Cilembu RT 02 RW 08, Kapolsek Pamulihan didampingi Forkopimcam Pamulihan meresmikan Lembur Tohaga Lodaya Desa Cilembu.

Sekaligus melakukan simbolis permanen ubi Cilembu, dan menebar bibit ikan.

“Alasan dipilihnya Desa Cilembu menjadi Lembur Tohaga Lodaya tingkat Kecamatan Pamulihan lantaran mempunyai kelebihan dan keunggulan khususnya dibidang Pertanian, Peternakan, Perikanan dan pencegahan Covid-19,” ujar Kapolsek Pamulihan IPTU Agus Permana, Rabu 15 Juli 2020.

Ia menuturkan, sesuai arahan dari Mabes Polri, disetiap kecamatan menjadi mitra sekaligus melakukan pembinaan melalui Babinkamtibmas yang ada di tiap desa.

Untuk di Kecamatan Pamulihan ini dipilih Desa Cilembu untuk binaan kampung tangguh atau lembur tohaga lodaya.

“Kami berharap, masyarakat bisa terbantu tidak mengharapkan bantuan dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Sementara menurut Plt. Camat Pamulihan Mamat Hady Saputra mengatakan, bahwa Desa Cilembu diharapkan menjadi contoh bagi Desa lain untuk bersama-sama melakukan ketahanan pangan baik melalui bidang pertanian dan juga peternakan.

“Mudah-mudahan ini menjadi motivasi buat warga di Kecamatan Pamulihan untuk menjadi lebih baik dan lebih mandiri sehingga masyarakat bisa lebih sejahtera,” katanya.

Sementara itu kata Tokoh Masyarakat Cilembu H. Endang Maja mengatakan, tidak menyangka bahwa wilayahnya bakal dipilih untuk menjadi lembur tohaga lodaya. (Ceng)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close