Bewara JabarHeadline

Wabup: Pandemi Covid-19, UMKM Diandalkan Dongkrak Perekonomian Rakyat

Gelar Produk UMKM se-Kabupaten Sumedang

FORKOWAS.com – Wakil Bupati Sumedang Membuka Acara Gelar Produk UMKM se-Kabupaten Sumedang, di Desa Licin Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang, Selasa 17 November 2020.

Gelar Produk UMKM tersebut, diselenggarakan Asosiasi UMKM Kabupaten Sumedang.

Terpantau, Ketua Asosiasi UMKM Kabupaten Sumedang Titus Diah berada di lokasi dan sejumlah UMKM pun menjajakan makanan ciri khas daerahnya masing-masing.

Aparatur Desa Licin dn Forkopimcam Cimalaka ikut memantau kegiatan tersebut.

Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan dalam sambutannya mengucapkan syukur Alhamdulillah bisa bisa menghadiri acara tersebut.

“Saya mengapresiasi kiprah Asosiasi UMKM yang telah mendorong pelaku usaha mikro lebih berkembang,” ujarnya.

Dikatakan, ketika UMKM kita dorong dalam bidang produksinya maka akan jadi kontribusi.

Bahkan, memiliki dampak langsung terhadap pendapatan daerah yang akhirnya akan berpengaruh positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dimasa Pandemi Covid-19, UMKM adalah salah satu yang paling bisa diandalkan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat, di tengah lesunya ekonomi global,” tandasnya.

Dikatakanya, UMKM sebagai jalan keluar bagaimana kita menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat dari mulai tingkat bawah sampai ke atas.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Asosiasi UMKM Kabupaten Sumedang yang begitu peduli kepada para pengusaha kecil menengah dan mikro dan menengah sehingga mereka bisa tetap eksis dalam menjalankan roda perekonomian,” ungkapnya.

Selanjutnya, terima kasih juga kepada Dinas Koperasi industri perdagangan dan UMKM yang telah peduli dengan memberikan bantuan berupa 70 Juta untuk peralatan dan 100 Juta untuk Kantor UMKM.

“Dengan dibukanya gelar produk diharapkan bisa menumbuhkembangkan perekonomian warga. Khususnya di Kecamatan Cimalaka umumnya di Sumedang,” katanya.

Lanjut Erwan, apalagi awal tahun 2021 ini Insya Allah seksi 1 sampai seksi 3 Tol Cisumdawu sudah bisa dipergunakan dari mulai Cileunyi sampai Cimalaka.

“Sehingga nanti akan banyak kendaraan keluar masuk melalui Desa Licin Kecamatan Cimalaka dan ini peluang yang harus kita tangkap,” paparnya

Erwan mengaku bangga, setiap hari minggu asosiasi menggelar produk diisi senam bersama kader PKK.

“Alangkah baiknya setiap ada gelaran produk UMKM diisi tampilan seni tradisional khas Sumedang,” tegsanya

Sementara menurut Ketua Asosiasi UMKM, Titus Diah bersyukur jika pembukaan Gelar Produk UMKM dibuka Wakil Bupati Sumedang.

“Kegiatan ini di gelar guna mendongkrak perekonomian UMKM di Kabupaten Sumedang,” ujar dia.

Sejumlah para pelaku UMKM hadir, namun pihaknya membatasi.

Karena dimasa pandemi ini tidak doperbolehkan berkumpul orang terlalu banyak orang.

“Dengan digelarnya acara ini sebagai ajang promosi dimana sudah ada sarana dan prasarana yakni di pintu keluar Tol Cisumdawu Desa/Kec. Cimalaka,” tandasnya

Dikatakan, semoga saja sinergitas antara pelaku UMKM dan pemerintah bisa lebih menggelora.

Termasuk membantu pemasaran, karena semua produk belum terekspos.

Dan, paling terpenting adalah diskresi Pemerintah Kabupaten Sumedang ada keberpihakan terhadap pelaku UMKM.

Titus Diah yang juga Wakil Ketua DPRD Fraksi Gerindra Kabupaten Sumedang itu mengatakan UMKM yang teverifikasi sebanyak 1.300.

Namun yang jadi kendala para pelaku UMKM dari sisi packaging dan kelengkapan persyaratan.

“Sehingga produk UMKM belum bisa masuk ke toko modern. Semoga saja dengan kehadiran Wakil Bupati Sumedang dapat membantu dengan kebijakannya,” pungkas Titus. (Ceng)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close