Bewara JabarHeadline

AMWJ-Polairud, Sapu Sampah Waduk Jatigede

FORKOWAS.com – Aliansi Masyarakat Waduk Jatigede (AMWJ) bersama dengan Polisi Air (Polair) Waduk Jatigede bekerjasama minimalisir sampah di pantai Wado.

Kegiatan oprasi bersih yang di inisiasi petani ikan di Waduk Jatigede yang tergabung dalam sebuah organisasi AMWJ dan Polairud wilayah Waduk Jatigede itu merupakan bentuk kepeduliannya terhadap Waduk Jatigede.

Ketua Aliansi Masyarakat Waduk Jatigede (AMWJ), Jajang Jaenudin menerangkan, kondisi waduk saat ini dipenuhi oleh sampah yang berasal dari Garut, ikut aliran sungai Cimanuk.

“Saat ini Waduk Jatigede dicemari oleh sampah, dengan begitu kita inisyatif meminimalisirnya,”katanya

Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan petani ikan yang peduli dengan waduk tersebut.

“Kita peduli dengan kelestarian air waduk, karena kita juga merasa memiliki,” katanya

Kegiatan yang dilakukan mulai dari pukul 10.00 Wib sampai dengan 13.00 Wib, berhasil menarik sampah ke Tempat Pembuangan Akhir sampah yang ada di wilayah Desa Sukajadi sebanyak 4 mobil colt bak.

“kita berhasil mengumpulkan 4 mobil colt bak dengan cara manual,” katanya

Dia menilai, selama ini pemerintah hanya menyoroti budidaya ikan sebagai pelaku pencemaran terhadap waduk. Padahal jumlah sampah lebih banyak daripada sisa pakan ikan yang mengendap di Waduk.

“Kalau budidaya ikan dianggap mencemari waduk, apakah sampah ini tidak mengotori waduk,”katanya

Polairud wilayah Waduk Jatigede, Bripka. Dian Herdiansyah menyebutkan, hamparan waduk wilayah Wado merupakan muara tempat dimana sampah yang berasal dari Garut bersarang.

Dengan begitu, pihaknya akan selalu mengawasi areal tersebut.

Kegiatan yang saat ini dilakukannya bersama petani ikan adalah salah satu upaya untuk mengurangi sampah diareal tersebut.

“Ini bentuk kepedulian kami terhadap kelestarian alam, salah satunya mengurangi sampah di pantai Wado ini,” kata dia. ***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close