Pendidikan

Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang Buka KMD, Terapkan Prokes

FORKOWAS.com – Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Gerakan Pramuka Kwarcab Sumedang Tahun 2021 di Gedung Sekretariat Gerakan Pramuka Sumedang, Komplek Lapang Sepak Bola Cigugur, Jumat (27/8).

Acara diawali dengan penancapan kapak ke batang pohon kelapa oleh Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan sebagai tanda dibukanya KMD.

Ketua Pelaksana KMD Ayi Ma’mun dalam laporannya mengatakan, KMD Tahun 2021 berlangsung dari tanggal 27 sampai 31 Agustus 2021 secara virtual di tempat masing-masing dan tanggal 1- 4 September 2021 secara tatap muka di Gedung Kwarcab Pramuka.

“Tujuanya adalah para peserta KMD mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan serta keterampilan kepramukaan, menambah lulusan KMD di Kwartir Cabang Sumedang, serta meningkatkan kuantitas para pembina,” ucapnya.

Ia menerangkan, peserta yang mengikuti KMD sebanyak 52 orang merupakan utusan kepala sekolah dan pembina yang berada di Gugus Depan perwakilan dari Kwaran Ranting se-Kabupaten Sumedang

“Adapun Kwaran yang tidak mengirimkan peserta ada delapan kecamatan yakni Cimalaka, Paseh, Cisarua, Surian, Tomo, Ujungjaya, Jatigede dan Cibugel,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Sumedang H Erwan Setiawan dalam sambutannya mengatakan, Kursus Mahir Dasar bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan dan keterampilan guna meningkatkan kemampuan Pembina Pramuka dalam mengasuh peserta.

“Ibarat membangun sebuah rumah, diperlukan pondasi awal yang kokoh dan juga kuat. Begitupula dalam melakukan pembinaan anggota Pramuka khususnya pada usia siaga diperlukan wawasan kepramukaan yang lebih luas serta keterampilan memadai dari para pembinanya,” ucapnya.

Oleh karena itu, guna mencetak kader yang benar-benar berkualitas sehingga mampu mendukung tercapainya tujuan Gerakan Pramuka maka diselenggarakan Kursus Mahir Dasar.

“Diselenggarakan KMD bertujuan memberikan bekal dan pengalaman praktis bagi Pembina Pramuka melalui kegiatan kepramukaan di Gugus Depan sekolah masing-masing,” ujarnya.

Wabup berharap output Kursus Mahir Dasar akan mampu meningkatkan kualitas kepramukaan di wilayah Kwartir cabang Sumedang.

“Mencetak pembina mahir yang bermutu, serta memiliki pengabdian tanggung jawab yang besar tehadap masa depan bangsa dan negara bangsa Indonesia,” harapnya

Ia menerangkan, Kursus Mahir Dasar ini merupakan titik tolak paling mendasar bagi calon pembina untuk memperoleh legalitas membina anggota Pramuka di Gugus Depan dengan dibekali pengetahuan keterampilan pengalaman.

“Adapun materi yang diberikan nanti bukan hanya materi dalam ruangan, akan tetapi juga materi di di lapangan. Saya berharap semoga kakak kakak para peserta Kursus Mahir Dasar bisa mengikuti kursus dengan baik, disiplin, penuh semangat hingga selesai dan lulus,” terangnya.

Wabup Juga meminta agar delapan Kwaran yang tidak mengirimkan perwakilannya dicek alasannya sampai tidak ada perwakilan.

“Saya ingin mendapatkan penjelasan nanti kenapa delapan Kwaran tidak ikut. Saya akan tegur nanti para Camatnya selaku Mabiran,” katanya. (Uu)***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close