Bewara Jabar

Tingkatkan Prestasi Akademis, SMA Al Masoem Gelar University Fair & CBP Camp

FORKOWAS.com – Lolos masuk PTN favorit, satu cita-cita yang diimpikan oleh banyak siswa setingkat SMA.

Banyak cara dan usaha yang dilakukan oleh siswa dan sekolah untuk mendukung kesuksesan tersebut.

Sekalipun kondisi saat ini masih pandemi covid-19, namun antusiasme tinggi para siswa untuk meraih kesuksesan tersebut.

Hal ini terlihat di SMA Al Ma’soem, salah satu program di sekolah ini dalam rangka sukses PTN adalah dengan menyelenggarakan CBP Camp dan University Fair.

Panitianya adalah para alumni SMA Al Ma’soem yang sedang kuliah di PTN, mereka trasnfer pengetahuan dan pengalaman Sukes PTN.

SMA Al Ma’soem adalah salah satu sekolah swasta di wilayah Bandung Timur yang setiap tahunnya mampu meloloskan ratusan alumninya ke PTN favorit atau perguruan tinggi di luar negeri.

University fair merupakan agenda tahunan di SMA Al Ma’soem dalam rangka untuk meningkatkan motivasi siswa kelas XII untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Yakni, dengan menghadirkan para alumni yang sukses di terima perguruan tinggi ternama, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Menurut Ketua Panitia CBP Camp dan University fair tahun 2021 ini, Abas Basari, S.Si., M.M mengatakan bahwa pelaksanaannya dilaksanakan secara virtual, mulai 18 sampai 19 Desember 2021.

Adapun harapan dari kegiatan ini adalah :

1. Memberikan gambaran atau informasi jurusan setiap PTN kepada peserta CBP Camp dengan harapan akan semakin matangnya nanti ketika memilih jurusan pada saat SNMPTN atau ujian tulis.

2. Memberikan motivasi dengan harapan dapat meningkatkan prestasi akademis ataupun akademis semua peserta CBP Camp.

3. Menjadi generasi yang Cageur, Bageur dan Pinter.

Selanjutnya kata Abas peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 313 siswa kelas XII yang terdiri dari kelas jurusan IPA dan IPS. Nantinya para peserta ini akan di _break out room_ oleh kakak pembimbingnya untuk _sharing session_ sesuai minat jurusan dan perguruan tingginya.

Ketua Yayasan Al Masoem Bandung, Dr. Ir. H. Ceppy Nasahi Ma’soem, MS dalam sambutannya mengatakan bahwa harapan dilaksanakan CBP Camp ini adalah banyak siswa Al Masoem nantinya diterima di PTN dan tentunya terus mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun kemarin sebanyak 43,5% alumni SMA Al Masoem diterima PTN.

Ceppy juga mengatakan, sebaiknya pemilihan jurusan di PTN nanti berdasarkan minat bakat siswa atau passion siswa yang bersangkutan. Diskusikan dengan wali kelas, konselor dan orang tua sebelum menentukan pilihan jurusan yang di ambil.

Dulu jurusan pertanian sangat diminati oleh siswa namun dengan perkembangan zaman serta transformasi digital yang pesat.

“Banyak siswa yang sudah melek teknologi, sehingga ketertarikan siswa terhadap jurusan yang berbau digital saat ini juga banyak diminati siswa,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Ceppy, manfaatkan semua fasilitas yang disediakan oleh SMA Al Masoem dalam rangka untuk meraih cita-cita yang diharapkan.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Yayasan Al Ma’soem Bandung, Dr. Asep Sujana, M.M saat meninjau acara pembukaan mengatakan bahwa pelaksanaan CBP Camp & University Fair tahun ini terpaksa masih dilaksanakan virtual karena pandemi covid-19.

Namun hal ini tidak mengurangi antusiasme siswa kelas XII SMA Al Ma’soem untuk mengikutinya.

“Semoga kegiatannya berjalan lancar dan cita-citanya masuk ke PTN favorit tercapai,” ujarnya. ***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close