Headline

Tanggulangi Penyebaran Virus PMK, Menteri Peternakan Datangi Peternak di Jatinangor

FORKOWAS.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja di Peternakan Sapi Dusun Cikeyeup, Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang pada Rabu (18/05/2022).

Kunjungan kerja Syahrul Yasin Limpo ke Sumedang ini terkait dengan merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak di berbagai wilayah termasuk di Kabupaten Sumedang.

“Saya langsung meninjau ke wilayah-wilayah satu hari setelah Idul Fitri, kita tidak boleh panik dalam menghadapi wabah tersebut, PMK ini masih bisa disembuhkan,” kata Syahrul saat ditemui dilokasi.

Menteri Peternakan juga menambahkan dari Laporan pertama itu dari Aceh bahwa sebanyak 6 (enam) sapi mati, tetapi hanya 3 (tiga) yg terkonfirmasi positif PMK.

Dalam menanggulangi hal tersebut, Kementan dan Dinas-dinas provinsi sudah siaga 1 dalam penanganan, pemetaan dan recovery terhadap penyebaran wabah PMK tersebut.

“Kerja sama semua pihak diperlukan dalam mengatasi masalah ini dengan baik, Langkah-langkah kedepan yaitu Posko, lalu lintas perdagangan hewan, semua hewan yg akan dipakai untuk Idul Kurban sudah steril, penyuntikan massal vaksin, pelatihan-pelatihan terutama tenaga medis, pemantaun RPH dalam Hari Raya Kurban, komunikasi dan edukasi terutama pengetahuan tentang penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak,” pungkasnya.

Kegiatan kunjungan tersebut dilanjutkan dengan rapat kordinasi yang dilaksanakan di Hotel BGG untuk membahas bagaimana penanggulangan kasus Virus PMK serta tracking untuk mengetahui bagaimana terjadinya kasus Virus tersebut, sekaligus cara mencegah penyebarannya. ***

Tag

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close